5 Aplikasi Coding PC, Cocok Buat Kamu yang Pengen Belajar

Salah satu pertanyaan umum orang-orang yang menggeluti bidang IT adalah “ada nggak sih aplikasi coding PC yang bagus?” Jangan khawatir! Jawaban atas pertanyaan tersebut bakal kamu dapatkan di artikel ini. Yuk kita simak bersama-sama!

Apa Itu Coding pada Komputer?

Aplikasi Coding PC

Sebelum mulai masuk ke daftar rekomendasi aplikasi coding PC, penulis akan mengajak kamu untuk tahu terlebih dahulu definisi dan fungsi coding pada komputer. Coding adalah pemrograman bahasa mesin menggunakan kombinasi kode biner (menggunakan angka 0 dan 1).

Tujuan dari pemrograman bahasa mesin ini agar komputer kita dapat mengerti apa yang programmer “perintahkan” atau “sampaikan”, sehingga komputer tersebut dapat menjalankan fungsi sesuai apa yang programmer mau.

Kamu pasti pernah atau sering bermain game, bukan? Kira-kira mengapa komputer yang kamu gunakan bisa menjalankan semua komando di dalam game tersebut? Itu karena programmer atau developer aplikasi atau game telah merangkai bahasa mesin.

Nantinya, komputer dan game tersebut bisa saling “berkomunikasi” agar si perangkat keras dapat mengerti dan menjalankan seluruh fungsi atau komando di dalam game dengan benar. Tanpa bahasa mesin, komputer dan game tidak akan bisa saling “berkenalan” satu sama lain.

Lantas, apa gunanya belajar coding? Pada kehidupan nyata, menguasai kemampuan coding berarti kamu telah membuka lebih besar peluang terhadap karir dan lowongan pekerjaan. Di masa kini, hampir seluruh organisasi, perusahaan, dan yayasan profesional membutuhkan setidaknya satu posisi IT.

Aplikasi Coding PC

“Buat coding pakai aplikasi apa?” Nah, setelah kamu tahu tentang definisi dan fungsi coding, sekarang langsung aja kita lihat rekomendasi 5 aplikasi coding PC versi penulis, yuk!

1. Notepad++

Ini merupakan salah satu aplikasi coding PC yang paling banyak orang gunakan sampai sekarang.Aplikasi coding yang Notepad kembangkan ini dapat menerima berbagai bahasa pemrograman dan banyak orang mengklaim bahwa Notepad++ sangat beginner friendly.

Fitur-fitur yang ada pada Notepad++ antara lain macro recording, text shortening, berbagai plugins tambahan yang tidak ada di Notepad reguler, dan kustomisasi pintasan. Tambah lagi, Notepad++ juga bisa kamu gunakan tanpa harus mengeluarkan uang dari dompetmu, lho!

2. Visual Code Studio

Aplikasi hasil kembangan Windows ini bisa kamu unduh secara gratis. Meski demikian, versi premiumnya juga bisa kamu dapatkan melalui sejumlah pembayaran yang sudah mereka tentukan. Meski asalnya adalah produk Windows, Visual Code Studio juga bisa kamu gunakan di sistem operasi Linux dan macOS.

Visual Code Studio menggunakan bahasa pemrograman C# dan punya berbagai fitur, antara lain perlengkapan barisan kode otomatis, debug aplikasi, pintasan papan ketik, dan aktivasi mode Zen apabila kamu tidak ingin menampilkan ikon dan menu.

3. Atom

Aplikasi coding yang satu ini merupakan kembangan GitHub dan memiliki berbagai fitur canggih yang pastinya bakal berguna untuk kegiatan coding-mu, seperti fuzzy finder, file system browser, dan teknologi web tools.

Pelengkap otomatis yang ada di Atom juga akan mempercepat input kode, membuat pekerjaanmu jadi makin efisien. Atom dapat kamu install di Windows, macOS, dan Linux.

4. NetBeans

Rekomendasi aplikasi gratis lainnya yang cocok banget kalau kamu ingin memprogram aplikasi desktop atau ponsel. NetBeans dapat kamu install di sistem operasi macOS, Linux, dan Windows. Bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan di NetBeans antara lain C/C++, Java, dan PHP.

5. Sublime Text

Banyak programmer mengakui bahwa Sublime Text sangat cocok untuk melakukan aktivitas pemisahan dan kombinasi kode. Terlebih, aplikasi yang satu ini kompatibel dengan semua versi Windows, Linux, dan macOS. Meski begitu, banyak orang menilai Sublime Text paling pas dengan Linux.

Meski demikian, Sublime Text hanya bisa kamu akses secara gratis untuk jangka waktu tertentu. Setelahnya, kamu harus melakukan transaksi pembayaran jika ingin melanjutkan penggunaan Sublime Text.

Penutup

Sekian dulu 5 rekomendasi aplikasi coding PC versi penulis. Apakah kamu sekarang berminat untuk mulai belajar coding? Atau malah salah satunya adalah aplikasi favorit kamu?

Future Creative Blog