7 Aplikasi Coding di Android yang Mudah Digunakan

Aplikasi coding di Android memberikan kemudahan untuk menuliskan coding. Coding adalah proses mengubah instruksi untuk komputer menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer. Coding yang dilakukan oleh programmer memungkinkan website dan aplikasi dapat bekerja.

Dulunya penulisan coding memerlukan adanya perangkat komputer. Namun, sekarang ini kita dapat mempelajari dan menuliskan coding melalui smartphone Android. Lebih tepatnya dengan menggunakan aplikasi coding pada ponsel.

Aplikasi Coding di Android

Aplikasi Coding Android

Aplikasi coding di Hp memungkinkan pengguna menuliskan coding dari mana saja. Sehingga sangat membantu bagi orang yang tengah mempelajari coding. Berikut beberapa aplikasi coding di Android:

1. Dcoder

Dcoder merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk melakukan pemrograman berbasis mobile. Aplikasi ini memiliki fitur untuk latihan coding dalam 33 bahasa pemrograman, meliputi HTML, PHP, Java, dan Pascal.

Fitur pembelajaran pemrograman pada Dcoder tersedia dalam paket lengkap untuk mempelajari serta memahami bahasa pemrograman dari C ke Ruby. Sehingga sangat cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi dan ingin mempelajari pemrograman.

2. Quoda

Bagi yang sedang mencari aplikasi coding C++ di Android, Quoda dapat menjadi opsi yang tepat. Selain C++, Quoda juga mendukung beberapa bahasa pemrograman lain, seperti JavaScript dan PHP.

Aplikasi coding ini memiliki fitur penyimpanan dengan SFTP server dan terintegrasi dengan akses cloud storage. Sehingga pengguna dapat menyimpan file dengan aman serta memudahkan saat ingin mengakses kembali. Quoda juga memiliki beragam fitur, seperti brace matching, HTML formatting, auto-encoding.

3. Code Peeker

Aplikasi Code Peeker direkomendasikan bagi orang yang ingin mempelajari cara mengatasi permasalahan dalam coding. Code Peeker akan menampilkan sejumlah opsi syntax. Selain itu, Code Peeker juga akan memberikan beberapa solusi untuk permasalahan atau error yang terjadi selama coding.

4. AIDE

AIDE adalah aplikasi code editor yang dirancang untuk pengembangan aplikasi Android berbasis Java dan C++. Aplikasi AIDE juga menyediakan lesson yang mana dapat menjadi sarana pembelajaran coding bagi pengguna.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik. AIDE akan menunjukkan letak kesalahan pengguna apabila terjadi error saat pengguna sedang menjalankan program.

5. AnWriter

Aplikasi coding gratis yang direkomendasikan selanjutnya ialah AnWriter. Aplikasi code editor ini lebih ringan daripada aplikasi sejenis pada umumnya, sehingga penggunaannya terasa lebih lancar.

AnWriter memungkinkan pengguna membuat kode program untuk web meliputi html, JavaScript, CSS, dan PHP. Aplikasi ini juga mendukung sintaks untuk Java, Python, C/C++, SQL, dan LaTex. AnWriter memungkinkan pengguna memperoleh akses yang lebih lengkap. Keunggulan lain dari AnWriter ialah ukurannya yang kecil, yaitu 2 MB.

6. Encode

Encode cocok untuk orang yang baru mempelajari coding. Aplikasi ini mendukung sejumlah bahasa pemrograman seperti Python, HTML, CSS, dan JavaScript. Encode memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti pengguna. Sehingga sangat membantu dalam proses mempelajari coding.

7. Programming Hub

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mempelajari bahasa pemrograman dengan mudah dan menyenangkan. Programming Hub memiliki materi pembelajaran yang sangat beragam. Memiliki sekitar 1.800 program, Programming Hub mendukung Java, JavaScript, C++, Python, Julia, Scala, dan banyak lagi. Programming Hub juga menyediakan kursus mengenai app development, AI, SEO, dan ethical hacking.

Penutup

Itulah 7 aplikasi coding di Android yang dapat dimanfaatkan untuk belajar coding. Setiap aplikasi memiliki rancangan yang berbeda, sehingga pengguna perlu memilihnya dengan bijak menyesuaikan keperluan.

Beberapa aplikasi bertujuan untuk pembelajaran coding. Ada pula yang menyediakan pembelajaran permasalahan selama coding. Aplikasi tertentu digunakan untuk membuat aplikasi Android lainnya.

Future Creative Blog